memuat...

Madam Red Cosplay – Kuroshitsuji

Ini adalah foto cosplay dari Madam Red – Kuroshitsuji yang diambil di sebuah lapangan parkir dalam komplek apartemen kecil dekat Universitas Binus, Jakarta Barat.

 

Proses Pembuatan

Saya perhatikan hal menarik utama dari subjek ini adalah pakaiannya yang berwarna merah seluruhnya. Saya pikir akan menarik jika memotretnya dengan latar belakang sederhana yang kontras warnanya seperti langit biru.

Sayangnya hari itu hujan dan langit mendung kelabu. Di sana juga ada tembok setinggi kira-kira 3 meter yang mengelilingi pelataran parkir sehingga makin menyulitkan saya untuk mendapatkan latar belakang langit dengan menggunakan lensa tele.

Saya perlu memosisikan subjek saya pada tempat yang lebih tinggi untuk menghilangkan tembok yang menghalangi langit. Awalnya saya terpikir beberapa pilihan ide:

  1. Minta subjek saya untuk berdiri di atas salah satu mobil yang sedang terparkir di sana.
  2. Ambil sebuah bangku atau meja dari kantin terdekat dan memintanya berdiri di atas bangku atau meja tersebut.
  3. Membolongi lantai lapangan parkir dengan palugada cukup dalam untuk saya dapat masuk dan memotret dari sana.
  4. Cari tempat yang sedianya lebih tinggi di sekitar lapangan parkir.

Beruntungnya saya melihat ada tangga di depan lobi apartemen. Saya posisikan subjek di puncak anak tangga sementara saya memotretnya dari beberapa anak tangga di bawahnya untuk mendapatkan komposisi ini. Saya meminta salah seorang teman saya untuk membantu memegang flash Canon 430EX II yang sudah dipasangi gel CTO penuh pada posisi klasik ala Rembrant.

Untuk mengubah langit kelabu menjadi biru, saya mengatur white balance secara manual ke angka 3200K. Angka ini saya dapatkan dari rentang angka yang tertulis pada gel CTO yang saya gunakan (3200K sampai 6500K). Saya hanya mengaturnya ke angka minimum untuk membuat langitnya sebiru mungkin sembari menjaga warna subjek tetap akurat. Hasil mentah dari kamera ditunjukkan seperti pada gambar sebelah kiri.

Proses penyuntingan foto dilakukan untuk menonjolkan warna, baik pada langit maupun pada pakaian subjek. Saya telah membuat resep sendiri untuk foto seperti ini pada Color Efex Pro 4 dari Nik Software. Hanya dengan beberapa klik dan menunggu sebentar, selesai sudah editingnya.

Tapi bagaimanapun saya merasa ada yang kurang. Hanya saja saya tidak tahu apa persisnya. Saya mencari informasi mengenai Madam Red. Saya temukan Madam Red memiliki ciri mata berwarna merah. Saya bandingkan foto cosplay ini ternyata warna matanya coklat gelap. Aha! Ternyata hal itu yang kurang.

Saya harus mengubah warna mata dari coklat gelap ke merah. Hal ini memberikan tantangan baru. Mata subjek terlalu gelap untuk diubah warnanya. Tapi untungnya saya memotret foto ini dalam format JPEG+RAW. Saya buka file RAW dan mengklik tombol auto adjustment. Pada tingkat eksposur +2.70 warna matanya cukup terang untuk diubah warnanya. Saya kopi gambar RAW tersebut ke layer baru di atas foto JPEG yang sudah disunting sebelumnya. Saya kemudian melakukan masking pada layer RAW sehingga yang terlihat hanya matanya saja, dan mengubah warna matanya menjadi merah dengan pengaturan hue/saturation.

Sekarang saya senang dengan hasilnya. Kalau anda mau melihat foto resolusi penuhnya, silakan unduh di sini: http://nid.ph/1LmLbfI

Pembaruan: Saya mendapatkan beberapa masukan bahwa foto hasil akhirnya terlalu pekat warnanya dan kontrasnya terlalu kuat. Jadi saya menyunting kembali foto aslinya sehingga perubahannya kali ini terlihat lebih halus. Tautan ke gambar aslinya sudah diperbarui.

Share it on your social network:

Or you can just copy and share this url
Postingan Terkait
WhatsApp chat WhatsApp kami