NIDALAP
Memuat...
cari
Jakarta

Cara Saya Membuat Foto Levitasi

Di sela-sela photosession cosplayer Tamako di studio Photolounge, saya tiba-tiba kepikiran untuk membuat foto levitasi sembari menunggu mereka selesai makeup. Idenya sederhana: foto menggunakan tripod elemen-elemen levitasinya, lalu terakhir foto model yang memperagakan levitasi setelah mereka selesai rias.

 

Foto Background dan Properti

Pertama saya mengambil foto background sofa. Kemudian saya ambil beberapa foto properti bunga dan meja dengan dibantu oleh anggota Tamako yang lain. Untuk properti meja, karena agak berat, saya pun ikut membantu mengangkatnya.

 

Foto Levitasi Model

Berikutnya setelah para cosplayer selesai rias, kami pun bergantian mengambil foto levitasi masing-masing. Kebanyakan kami melompat untuk melakukan efek levitasi, tapi pose chacha terlalu berbahaya untuk diambil dengan cara melompat. Akhirnya kami pun menggunakan alas kotak dan chacha duduk di atasnya sambil dibantu distabilkan posisinya oleh om Erga supaya tidak jatuh.

Karena visual sofa terhalang oleh box, maka stok foto sofa menjadi krusial. Kalau tidak ada, akan sangat merepotkan di proses editingnya nanti.

Semua foto juga diambil dengan settingan yang sama: ss 1/125 detik, f/7.1, dan ISO-100 supaya eksposurnya relatif seragam.

 

Editing

Proses editing terbilang cukup sederhana karena hanya menggunakan teknik masking. Kekurangan yang saya sadari dari proses pembuatan foto levitasi ini adalah kurangnya variasi angle dari properti yang difoto. Hal ini menyebabkan ketika sebuah properti digunakan untuk beberapa foto levitasi, maka angle dan posisinya akan sama persis.

Saya bisa saja mengubah posisi propertinya, tapi bayangan dari properti tersebut harus dibuat secara artifisial dan ini tentunya agak merepotkan (baca: malas).

Setelah semua elemen selesai dimasking, langkah terakhir adalah memilih elemen mana saja yang mau ditampilkan. Setelah itu baru pencahayaannya disesuaikan sedikit supaya lebih terang dan menarik.

 

Kesimpulan

Membuat foto levitasi terbilang gampang-gampang susah. Meskipun kelihatannya sederhana, namun ada detil-detil yang kalau tidak diperhatikan bisa merepotkan di proses editingnya. Semoga kalau kamu mau membuat foto levitasi, bisa mengambil hikmah dari proses ini sehingga tidak mengulang kesalahan yang sama. Silakan sharing ya link ke hasil karya mu di kolom komentar. Selamat bereksperimen!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Share it on your social network:

Or you can just copy and share this url
Recommended for You