tunggu sebentar ya kk...

The Mood Photo Shoot and Workshop

Akhir pekan lalu saya mengikuti sebuah acara yang diadakan oleh salah seorang teman saya, Yuddy Photoworks. Pada acara tersebut, dia bersama seorang temannya yang ternyata sesama anggota grup fotografi di BBM, Hendra Spardas Photography, mengungkapkan alur kerja mereka masing-masing dalam membuat tonal asia dan gaya moody dalam foto mereka.

Saya telah mengenal gaya foto Yuddy sejak awal saya menggeluti fotografi di tahun 2013. Dia mempublikasikan karyanya di halaman profil Facebooknya. Yuddy mulai menggeluti fotografi setahun lebih awal dibandingkan saya. Biasanya, dia pergi ke sebuah pameran dan memotret wanita cantik, memperlihatkan hasil fotonya kepada mereka, dan kemudian berteman dengan mereka.

Trik Memotret

Banyak orang lain yang juga melakukan apa yang Yuddy lakukan, tapi apa hal-hal yang membuat foto Yuddy lebih disukai oleh para dara? Ia membagikan sebuah rahasianya yang kini saya bagikan kepada anda: Picture Styles.

Kenapa Picture Styles? Hal tersebut akan membuat warna foto anda terlihat unik dibandingkan kebanyakan orang secara INSTAN. Wanita cantik dalam suatu pameran biasanya sering difoto. Kemungkinan mereka akan bosan melihat foto mereka yang serupa berulang kali. Picture Styles akan membantu membuat foto anda terlihat berbeda dari kebanyakan orang TANPA perlu membawa peralatan tambahan di tas kamera anda.

006-Web-Standard

Contoh foto di atas diambil langsung dari file RAW tanpa editing. Warna yang terlihat serupa dengan apa yang dilihat oleh mata. Foto di atas terlihat cukup bagus karena subjeknya menarik. Meskipun demikian, orang-orang yang berada di sekitar saya pada saat itu juga bisa mengambil foto serupa sehingga membuat foto di atas menjadi kurang unik. Dengan bantuan Picture Styles, saya bisa membaut foto di atas terlihat seperti ini di LCD kamera:

006-Web-Picture-Style

Apakah anda melihat perbedaannya? Picture Styles dapat memberikan mood tertentu pada foto anda dan membuatnya lebih unik dibandingkan foto serupa.

Wanita cantik, terutama yang juga imut bisa dibuat tampak lebih atraktif dengan menggunakan sudut pemotretan ini: foto dari atas dan miring. Saya sulit percaya sampai saya mencobanya sendiri. Jika anda pikir menggunakan Picture Style saja sudah cukup bagus, tunggu sampai anda mengombinasikannya dengan sudut pemotretan ini:

007-Web-High-Angle-and-Horizontal-Tilt

JRENG! Dapatkah anda merasakan efeknya dengan memotret pada sudut tersebut? Saya menyebut sudut ini sebagai sudut “super unyu”.

Satu tips ketika memotret pada sudut ini: gunakan layar LCD pada kamera ketika mengomposisi gambar daripada viewfinder. Kamera dengan fitur layar LCD yang dapat diputar akan lebih unggul mengomposisi gambar pada sudut pemotretan seperti ini. Kerugiannya hanya satu: baterai lebih cepat habis.

Tonal Asia dan Efek Moody

Setelah anda sukses membuat foto anda lebih unik di kamera, tunjukkanlah pada wanita cantik yang anda foto. Jika dia terkesan, katakan padanya bahwa anda dapat membuat fotonya tampak lebih baik lagi dan akan senang jika dapat menunjukkan hasilnya kepada dia. Biasanya anda akan mendapatkan dua hal untuk memulainya:

  1. Sebuah foto bagus untuk diolah lebih lanjut dan…
  2. Seorang teman baru yang cantik bersama nomor kontaknya 😉

Beberapa hari kemudian, anda bisa mengirimkan hasil jadi fotonya kepada teman baru anda.

007-Web-Save

Saya telah memodifikasi alur kerja pengolahan digital saya setelah mengikuti workshop tersebut. Hal ini memungkinkan karena alur kerja yang disampaikan pada workshop relatif fleksibel untuk diterapkan pada alur kerja masing-masing orang. Inilah alur kerja pengolahan digital yang saya terapkan terhadap foto-foto seperti ini:

  1. Beauty retouching sederhana
  2. Highlight bagian menarik dari subjek
  3. Penghalusan kulit
  4. Tonal warna
  5. Vignetting dan Sharpening
  6. Tambahan Efek (opsional)

Ini contoh hasil foto dari model unyu Fikriyah Amin yang diolah dengan gaya vintage:

011-Web

Oh iya, saya hampir saja lupa memasukkan versi sudut pemotretan super unyu nya :p

072-Web

Share it on your social network:

Or you can just copy and share this url
Postingan Terkait